Jumat, 10 April 2009

Rumah Tinggal Bp. TOTO SUGIHARSO
Cleduk, Tangerang - Banten

Terletak di kawasan perumahan Villa Japos, bangunan ini awalnya berupa bangunan satu lantai dengan luas tanah 120m2. Dengan semakin bertambahnya jumlah penghuni diikuiti pula kebutuhan ruang yang semakin meningkat maka si empunya rumah menambah luas lahan dengan mengembangkan lahan disebelah rumah lama. Dengan luas tanah yang bertambah menjadi 240m2 maka kebutuhan ruang lebih bisa diakomodir oleh si arsitek.
Pada awal perencanaan si empunya rumah menginginkan bangunan yang berkonsep minimalis. Setelah melalui proses disain yang cukup panjang hunian ini mengalami pergeseran konsep baik konsep ruang maupun konsep fasade. Tropis modern, itulah kira-kira kami menyebut rumah ini.


Kenapa Tropis Modern lebih cocok kita menyebutnya. Ciri - cirinya dapat kita lihat pada penggunaan material genteng sebagai penutup atap, kanopi - kanopi yang cukup lebar memungkinkan suhu udara didalamnya lebih stabil. Penggunaan kayu pada kusen dikombinasi dengan lubang ventilasi yang cukup banyak memungkinkan penggunaan penyejuk udara berkurang. Belum lagi jendela - jendela yang besar & tinggi, cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa.




Area taman belakang dibuat terbuka sebagai jalur sirkulasi udara luar kedalam atau sebaliknya. Untuk memaksimalkan jalur sirkulasi udara maka dibuatlah semacam gang disebelah kiri bangunan. Gang itu juga berfungsi pula sebagai pencahayaan bagi ruang - ruang service yang bersebelahan letaknya.



0 komentar: