Rabu, 10 November 2010

Green school SMP-Islam Mentari Indonesia
Pondok Ungu, Bekasi Utara

Green School itulah kesan yang ditawarkan SMP-Islam Mentari Indonesia.
Bangunan yang berlokasi di daerah Pondok Ungu Bekasi memang berbeda dari bangunan sekolah pada umumnya yang dibangun linier, memanjang dan berkesan kaku. Kesan inilah yang coba di hapus oleh yayasan Mentari Indonesia. Dengan lahan seluas tak lebih dari 2000m2 bangunan dibuat vertikal sehingga lahan terbuka bisa didapat lebih maksimal dan ini merupakan tantangan bagi perencana untuk mewujudkan konsep green school.
Dengan menerapkan konsep “GREEN DESIGN” pada perancangan sekolah dimana open planning diterapkan disini dibagian utara terletak bangunan utama , dibagian timur bangunan pendukung dan dibagian selatan serta barat bangunan kelas. Khusus bangunan kelas di buat terpisah menjadi 3 unit dengan selasar sebagai penghubungnya sedangkan taman terletak ditengah sebagai center poin.
Diterapkan pola masa bangunan seperti ini memungkinkan sirkulasi udara dapat berjalan lancar karena ruang-ruang diantara masa bangunan menjadi jalur sirkulasi udara sehingga pengunaan penyejuk udara (AC) dirasa sudah tidak diperlukan lagi cukup memanfaatkan aliran udara alami. Konsep open planning juga memungkinkan pencahayaan alami dapat masuk secara maksimal sehingga penggunaan energi listrik dapat dikurangi.
Untuk meredam terpaan angin dan sinar matahari disekeliling halaman di tanami pepohonan sebagai buffer sekaligus sebagai stabilisator suhu dalam ruangan.



0 komentar: